Indikator
  • Undercontruction

Awas, Ini Dampaknya Gemar Makanan Manis saat Hamil

Home / Gaya Hidup / Awas, Ini Dampaknya Gemar Makanan Manis saat Hamil
Awas, Ini Dampaknya Gemar Makanan Manis saat Hamil ILUSTRASI. Wanita hamil. (FOTO: nutrimum.co.uk)

BALIKPAPANTIMES, JAKARTA – Keinginan untuk makan makanan manis saat hamil kerap sulit dihentikan. Bahkan, makanan manis sering menjadi senjata untuk melawan rasa mual dan muntah di awal kehamilan. Berbahayaah kebiasaan ini bagi ibu hamil?

Pada dasarnya, mengonsumsi makanan manis secara berlebihan berbahaya bagi semua orang, termasuk ibu hamil. Anda perlu tahu bahwa kalori yang dibutuhkan oleh ibu hamil pada kehamilan trimester pertama yaitu sekitar 2000 kalori per hari. Kemudian kebutuhan kalori meningkat menjadi 2200 kalori per hari pada kehamilan trimester ketiga.

Jika ibu hamil mengonsumsi kalori yang melebihi angka-angka tersebut, maka kalori akan disimpan dalam tubuh. Alhasil, ibu hamil berisiko mengalami obesitas. Obesitas saat hamil akan meningkatkan risiko diabetes dalam kehamilan (diabetes gestasional). Diabetes gestasional terjadi ketika kadar gula (glukosa) dalam darah terlalu tinggi selama kehamilan.

Kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah bagi ibu hamil dan janin. Bahkan, ibu hamil akan memerlukan perawatan ekstra selama kehamilan bila mengalami diabetes gestasional.

Dilansir dari Klik Dokter, berikut ini adalah dampak buruk diabetes gestasional terhadap ibu hamil dan janin.

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com